Kenangan

Perempuannya pernah menangis ketika berada di penghujung kelulusan sekolah. Perempuan yang kurang bisa bergaul dengan teman-teman menangisi perpisahan. Katanya, di kemudian hari momen-momen di sekolah akan dirindukannya. Masa-masa bersama rasa bahagia, sedih, kecewa, dan gembira pasti membuatnya merindu.
Saya pikir itu biasa. Ada kedatangan pasti ada kepergian. Bukannya kematian muncul karena adanya kelahiran? Life must go on, hidup tidak bisa statis. Manusia harus bergerak untuk dapat melanjutkan kehidupannya. Suka atau tidak suka tetap harus menjalaninya.
Lalu, ucapan perempuan itu bak air dingin yang dihempaskan ke wajah saya. Beberapa waktu silam, mendatangi kampus. Dan, life must go on tidak semudah mengetik huruf-hurufnya. Penyebabnya, satu kata, kenangan.
Setiap saya menengok di sisi kampus, yang terlihat pemandangan- yang saya kenal dan mengenali saya-dan orang-orang-yang tidak saya kenal dan tidak mengenali saya. Saya sadar, kini orang-orang yang mengenali dan kenal saya sudah berada dalam dunia yang bernama kenangan.
Ketika menengok, pikiran dan mata tidak bisa diajak bekerja sama. Mata melihat mereka sebagai orang asing, sementara pikiran saya berkelana dan melihatnya sebagai teman-teman kuliah. Ada mereka yang membicarakan tugas dengan mulut tersumpal cimol. Tangan kanan menulis materi kuliah sementara tangan kirinya memegang ice bubble. Namun, ketika saya berkedip, teman-teman musnah dari penglihatan.
Tiba-tiba rasa hampa menyeruak ke hati. Betapa saya merindu masa dengan teman-teman. Empat tahun dilewati, tiga setengah tahun di antranya kebersamaan utuh. Meskipun, kebersamaan tidaklah mulus. Ada konflik dan pertikaian yang membumbui kebersamaan kami. Tapi, ketika sekarang mengingatnya, yang tersisa hanya senyum geli.
Kenangan letaknya tidak pernah di samping, apalagi di depan. Ia selalu memposisikan dirinya di belakang. Namun, kenangan selalu terletak di ingatan yang paling dalam. Tersembunyi dengan apik dan tidak mudah dihilangkan.
Kenangan, selalu mengikuti ke setiap langkah saya.

Rasuna Said, 11 November 2014

Advertisements

12 Comments Add yours

  1. Lucy maya says:

    Setelah saya membaca lembaran yang berjudul “kenangan” ini, saya menjadi merasa bahwa kenangan adalah suatu hal yang penting bagi hidup saya. Karena dari suatu kenangan, kita dapat menarik suatu pelajaran dari hal tersebut. Kalimat demi kalimat dari tulisan ini mudah dipahami dan cukup menginspirasi saya, terimakasih.

  2. Kenangan, menurut saya adalah sebuah masa lalu yang dapat dikubur dalam-dalam tetapi tidak untuk dilupakan. Setiap kenangan pasti memiliki kisahnya masing-masing. Dan saya sangat setuju jika kenangan terletak di ingatan yang paling dalam. Terimakasih..

  3. Kenangan,menurut saya adalah sebuah kisah indah yang terukir di masa lalu. Setelah membaca tulisan ini saya dapat menarik suatu pelajaran bahwa,kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu untuk kebersamaan sebelum waktu tersebut habis,dan pasti nya kita akan menyesali hal tersebut. Artikel ini bagus,bahasa nya pun rasional mudah di pahami. Saya setuju bahwa kenangan hanya terletak di ingatan yang paling dalam. Terimakasih..

  4. Semua orang pasti punya kenangan di dalam hidupnya, begitupun seorang perempuan yang diceritakan pada lembaran di atas. Rindu akan suasana kebersamaan bersama teman-temannya, rindu akan menikmati rasa suka-duka bersama, rindu menyelesaikan segala tugas kuliah yang banyak menyita waktunya. Walaupun di sisi lain adanya perbedaan pendapat yang akhirnya menimbulkan konflik, tetapi itu semua merupakan pelengkap. Karena hidup seperti roda, selalu berputar. Kadang kita merasakan suka kadang pula kita merasakan duka. Setiap kenangan tersimpan rapi di setiap ingatan seseorang, kenangan adalah sebuah hal yang indah di masa lalu yang membuat setiap insan tersenyum-senyum saat mengingatnya. Dari kenangan kita dapat belajar bahwa apa yang akan kita lakukan haruslah dipikirkan terlebih dahulu. Jangan sampai kita menyesalinya di akhir.
    Kritik: Dalam lembaran di atas ada penggunaan bahasa asing “life must go on” seharusnya di tulis dengan di miringkan atau di garisbawahi sesuai yang penulis ajarkan pada saya:) Teimakasih..

  5. nurulhikmah0731 says:

    Kenangan,adalah sebuah masa lalu yang harus dikubur dalam-dalam,tetapi tidak untuk dilupakan.Karna dari suatu kenangan kita dapat mengambil sebuah pelajaran yang pernah kita alami/lakukan dimasa lalu.
    Kritik: Lembaran yang bagus,bahasa yang mudah dipahami,tetapi dalam lembaran diatas,penggunaan bahasa asing “life must go on”sebaiknya dimiringkan/digaris bawahi.Dan saya setuju bahwa “Kenangan hanya terletak diingatan yang paling dalam”
    *Terimakasihūüėä

  6. Lembaran yang sangat bagus untuk mengenang kembali sebuah kenangan yang pernah terlewati. Setiap hidup pasti akan ada momen dimana kita merasakan kebahagian dan kesedihan bersama teman-teman. Dan ada masanya nanti disaat kita semakin menjauh karena tujuan hidup masing-masing yang harus dijalani. Benar, akan ada kerinduan didalamnya tetapi hal itu dapat diatasi jika kita dapat bertemu dan berkumpul kembali seperti dahulu. Terimakasih..

  7. Lembaran yang sangat bagus untuk mengenang kembali sebuah kenangan yang pernah terlewati. Setiap hidup pasti akan ada momen dimana kita merasakan kebahagian dan kesedihan bersama teman-teman. Dan ada masanya nanti disaat kita semakin menjauh karena tujuan hidup masing-masing yang harus dijalani. Benar, akan ada kerinduan didalamnya tetapi hal itu dapat diatasi jika kita dapat bertemu dan berkumpul kembali seperti dahulu.
    Terimakasih..

  8. khadijah16 says:

    Kenangan merupakan suatu kejadian di masa lalu, dimana yang di dalamnya terdapat kenangan yang indah maupun tidak indah, dari suatu kenangan saya dapat mengambil suatu pembelajaran. Kenangan dapat membuat saya menjadi teringat pada suatu hal yang saya pernah lakukan pada masa lalu yang membuat saya merasa rindu akan hal tersebut. Lembaran kenangan ini mempunyai kalimat yang bagus, dan dapat membuat para pembaca nya cukup terkesan dan menginspirasi saya.Terimakasih.

  9. fajroh says:

    Assalamualaikum
    Menurut saya, karya tulis ini mengajarkan kita pentingnya sebuah kenangan, dalam sebuah kenagan kita mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah kita dapatkan. Dan saya setuju dengan kalimat “kenangan selalu terletak di ingatan yang paling dalam”. karena sebuah kenangan akan selalu diingat.
    Terimakasih…

  10. lembaran ini mengajarkan saya betapa pentingnya waktu,Tidak ada pertemuan yang tak terpisahkan.Perpisahan seringkali mendatangkan kesedihan yang mendalam,apalagi jika kita akan meninggalkan atau ditinggalkan oleh orang-orang yang kita cintai, seperti halnya teman-teman sekolah,bisa bersama selama ini adalah sebuah anugerah yang terindah karena bersama kita telah mengukir kesan yang indah tiada tara yang tak akan lupa hingga akhir masa.
    TerimaKasih…

  11. TiaAriska says:

    kenangan, menurut saya kenangan adalah hal yang tidak pernah bisa dilupakan .entah apa itu kenangannya jika kita ingin melupakan kenangan itu hasilnya adalah kita tidak bisa melupakannya. lembaran kenangan ini kata-katanya mudah dimengerti . terima kasih

  12. setelah saya membaca lembaran yang berjudul ‚Äúkenangan‚ÄĚ ini saya, merasa bahwa kenangan adalah suatu hal yang penting dan dalam lembaran ini juga mengajarkan pentingnya sebuah pertemuan, saya setuju sebuah kenangan terletak di ingatan yang paling dalam.Lembaran kenangan ini bahasanya mudah dimengerti dan mudah dipahami
    terimakasihh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s